9 June 2016
Comments 0
9 June 2016, Comments 0
9 Tahap Sukses Mendapatkan Pekerjaan

Assalaamu’alaikum Sobat El Rahma

Tulisan kali ini membahas kiat Bagaimana 9 Tahap Sukses Mendapatkan Pekerjaan, mari baca dan kita praktekkan ya, mudah2an Sobat sukses dweh melamar kerjanya, aamiin.

  1. Pahami Alur Proses Rekrutmen
    Memahami alur proses pencarian pekerjaan dengan tepat, akan sangat berguna bagi pencari kerja agar terhindar dari rasa frustrasi. Beberapa hal yang harus dipahami pencari kerja, misalnya:Pencarian pekerjaan adalah identik dengan “mempromosikan” diri sendiri meliputi keahlian, bakat dan talenta yang Sobat miliki. Selain itu mencari pekerjaan perlu kesabaran karena itu tidak instan dan pasti berproses, sehingga perlu persiapan yang matang.Proses dalam rekrutmen juga tidaklah sama antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Adakalanya perusahaan A melewati psikotest namun perusahaan B langsung wawancara tanpa psikotest. Inti nya Sobat El Rahma “kudu” memahami proses/alur rekrutmen agar bisa mempersiapkannya secara matang sehingga keberhasilan lolos seleksi semakin besar.Dan satu hal pasti bahwa dalam mencari pekerjaan harus pantang menyerah, satu belum diterima, perlu perbaiki dan evaluasi diri, kemudian bangkit lagi untuk mempersiapkan seleksi di perusahaan lainnya.
  2. Buatlah CV dan Surat lamaran kerja yang menarik
    Kita tahu,.. tahap pertama seleksi pekerjaan adalah membuat CV dan Surat lamaran kerja.
    CV atau curriculum vitae (resume/biodata) yang sobat buat haruslah menarik.. bahasa gaulnya “eye catching”, unik, menonjolkan keahlian dan hasil karya sobat.. sertakan FOTO yang update lalu pastikan INFO No HP dan email sobat benar adanya yaa.. oya buatlah email baru yang bagus dan tidak lebay. :)Pada surat Lamaran Kerja, pastikan setiap lowongan yang berbeda, SOBAT juga membuat surat lamaran baru dan berbeda sesuai posisi yang SOBAT inginkan.Ingat !!! surat lamaran kerja yang hanya di fotocopy dan buram bisa jadi membuat HRD tidak tertarik memanggil SOBAT untuk mengikuti seleksi berikutnya.Artinya kirimkan CV dan Surat lamaran kerja yang bagus, unik dan dapat menonjolkan keahlian dan kepribadian Sobat yaa.
  3. Persiapkan diri Sobat
    Setelah Sobat benar-benar telah memahami alur proses rekrutmen dan mengirim CV/surat lamaran kerja, maka tahap ketiga adalah Persiapkan Diri Sobat dengan sebaik-baiknya. Persiapan seperti apa sih yang musti Sobat lakukan.Pertama, persiapan penampilan. Penampilan maksudnya bukan hanya dalam berbusana melainkan juga sikap, komunikasi Sobat sebagai pencari kerja. Begitu juga kedisiplinan dan sopan santun, ini sangat penting artinya softskill merupakan salahsatu faktor penting dalam mendapatkan kerja.

    Kedua, keahlian. Betul sekali !!! Keahlian Sobat adalah “nilai jual” yang tinggi dalam mendapatkan pekerjaan. Kita paham bahwa, perusahaan akan mencari orang yang berpengalaman dan atau memiliki keahlian. Meskipun gelar pencari kerja juga penting, tapi akan menjadi kurang nilainya jika yang bersangkutan tidak memiliki keahlian.

Nah itu tadi adalah beberapa tips untuk mendapatkan pekerja, sampe disini dlu ya sobat, baru 3 tahapan sisanya tetep pantengin blognya El Rahma ya :D.

Wassalam