10 June 2020
Comments 0
Category Tips & Trick
10 June 2020, Comments 0

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Sobat El Rahma terbaik.. meski new normal sudah dijalankan, kondisi wabah Covid-19 belum lagi usai dan bahkan masih banyak area katakan kuning dan merah di beberapa kota besar di Indonesia. Dari sisi aspek ekonomi, dampaknya sangat terasa terhadap pendapatan/penghasilan masyarakat. Maka muncul ide bisnis apa saja yang adaptable dalam kondisi WFH dan era digital sekarang.

Yuk kita cermati satu per satu ide bisnis di bawah ini, mudah-mudahan salahsatunya dapat menjadi sarana untuk dapat membantu keluarga dan orangtua sobat IT dalam meringankan beban mereka karena ujian dan cobaan ini ;

  1. Berjualan Pakaian Muslim

Nb. Karena sudah cukup banyak pemain, Anda harus punya kelebihan di variasi desain baju, visual yang menarik serta promo yang masif. Bisnis ini punya potensi yang besar untuk jualan di offline dan online

  1. Jasa Pembuatan Web atau Toko Online

Nb. Anda harus memperbanyak portfolio (klien) yang pernah Anda buatkan webnya agar caIon pengguna jasa Anda semakin percaya. Bisnis ini lebih banyak menyasar segmen pebisnis

  1. Berjualan Produk Kesehatan atau Herbal

Nb. Produk untuk menguatkan imunitas dan perbanyak jenis/variasi produk kesehatan/herbal agar calon pembeli punya banyak pilihan. Bisnis ini punya potensi besar karena masih mewabah covid-19

  1. Alat/produk olahraga untuk kesehatan

Nb. Pikirkan produk olahraga yang tujuannya langsung bisa menyehatkan badan/berkeringat. Bisnis ini punya potensi besar karena masih mewabah covid-19

  1. Berjualan Buku Bisnis

Nb. Peluang mendapatkan pendapatan tambahan masa wfh seperti ini, membuat buku bisnis jadi laris. Disarankan untuk membangun pasukan reseller/agen agar potensi penjualan semakin besar. Bisnis lebih berpotensi jika dijual via media on line

  1. Jasa Catering

Nb. Bisnis makanan kuncinya ada di rasa dan jika jasa catering, maka selain rasa, kunci suksesnya juga di layanan dan ketepatan antar/delivery. Potensi besar dari bisnis ini mulai dari pegawai kantoran.

  1. Jasa Ekspedisi/ Delivery

Nb. Jasa ekspedisi seperti tidak ada matinya sekarang. Selama ada produk fisik yang dijual, maka jasa ekspedisi/delivery akan tetap laku.

Potensi besar dari bisnis ini bisa besar jika Anda cepat dan terpercaya. Perbanyak kerjasama dengan produsen/suplier.

  1. Berjualan Makanan Ringan/snack dan Kue Basah

Nb. Anda harus membuat produk yang enak dan diterima pasar. Sebab bisnis makanan kuncinya di rasa.

Potensi bisnis ini bisa besar jika Anda memperbanyak varian snack/kue dan perbesar pasukan reseller/agen agar penjualan makin besar.

  1. Berjualan Bahan Mentah Makanan Pokok

Nb. Sampai kapanpun bahan mentah makanan pokok akan diterima dan laris dipasaran. Anda harus pastikan kualitas produk Anda.

Potensi akan semakin membesar saat anda dapat memberikan pelayanan prima dan kecepatan dalam pengantaran/delivery.

  1. Bisnis Frozen Food

Nb. Pastikan bahan bakunya berkualitas dan harga kompetitif. Bisnis inipun memiliki potensi semakin besar saat kita cepat dalam pengantaran dan bagus dalam pelayanan.

  1. Produk Fashion Umum

Nb. Karena sudah cukup banyak pemain, Anda harus punya kelebihan. Misal lebih murah, lebih menarik desainnya, lebih variatif dll.

Bisnis ini punya potensi yang besar untuk dijual via online dan akan sangat terbantu jika Anda membangun pasukan reseller/agen.

  1. Produk Digital (software, ebook dll)

Nb. Bangun personal branding dan list building (database) yang besar jika ingin berhasil.

Bisnis ini punya potensi yang besar dengan syarat Anda punya database yang banyak

  1. Bisnis Laundry

Nb. Anda harus punya kelebihan/value unik jika ingin berbisnis laundry. Potensi bisnis besar terkhusus untuk area perkotaan atau urban.

  1. Jasa Handle Media Sosial

Nb. Anda harus mulai dengan memperbanyak portfolio (klien) Anda.

Bisnis ini punya potensi besar terutama untuk segmen pasar pebisnis atau perusahaan yang bermain di sosial media marketing.

  1. Jasa Reparasi Komputer, HP dan lainnya

Nb. Anda perlu melakukan promosi yang masif agar orang tahu bisnis Anda.

Era online memudahkan Anda untuk berbisnis ini meski dimulai dari rumah (karena bisa menggunakan jasa ekspedisi untuk jemput dan antar).

  1. Jasa Desain

Nb. Perbanyak layanan dan hasil desain untuk memberi bukti ke calon klien.

Bisnis ini punya potensi yang besar terutama untuk segmen pebisnis

  1. Jual Pulsa dan Paket Internet

Menjual pulsa dan paket internet menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan saat wabah seperti ini.

Potensinya akan semakin membesar saat Anda cepat dalam pelayanan dan harga yang bersaing.

  1. Freelance Penulis Artikel

Bagi Anda yang suka menulis, jadi freelance penulis artikel adalah alternatif baik dalam kondisi sekarang.

Potensi akan semakin besar saat Anda bisa banyak menghasilkan content berkualitas dan tepat waktu

  1. Jadi YouTuber

YouTuber rupanya sudah menjadi sebuah pekerjaan/bisnis prestisius.

Potensi youtuber akan semakin besar saat kita konsisten memproduksi konten berkualitas sehingga penonton dan subscriber semakin banyak.

Demikian artikel ini kami “sajikan” untuk sobat El Rahma. In syaa Allah bermanfaat, silahkan share di media sosial Anda.

Ngomong-ngomong diantara ide bisnis di atas banyak juga yang potensinya akan maksimal jika menggunakan sarana/media online. Sobat El Rahma bisa jadi sudah faham di Program Pedidikan Multi Profesi 1 Tahun-STIKOM El Rahma, semua jurusannya memiliki peluang besar untuk mendapatkan penghasilan secara online. seperti;

Jurusan Administrasi Bisnis, di jurusan ini Anda belajar bisnis online yakni bagaimana menjual produk dengan strategi dan target pasar yang tepat sehingga produk laris dipasaran.
Jurusan Desain Grafis, Anda dapat mempromosikan desain anda via media sosial.
Jurusan Informatika, Anda bisa membuka jasa reparasi/install komputer via online.
Jurusan Bahasa Inggris juga memiliki prospek menarik semisal customer kursus bahasa secara online.
Jurusan Akuntansi wah ini mah jadi konsultasi laporan keuangan secara online.

Ternyata semua jurusan bisa. Nah jika sobat El Rahma ingin mendapatkan informasi lengkap tentang Kampus STIKOM El Rahma Bogor, silahkan menghubungi Bapak Suhenda HP 0816-1747-1954 atau Kang Mu’taz klik http://bit.ly/infopendaftaranstikomelrahma😊

Selamat dan sukses untuk sobat El Rahma semua.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.