21 February 2018
Comments 0
21 February 2018, Comments 0

Hal bingung memilih jurusan pasti akan dirasakan hampir 80% oleh siswa-siswi SMA yang akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

Ada banyak faktor yang membuat mereka dilema dalam memilih dan menentukan jurusan yang tepat diperkuliahan nanti. Selain dari faktor orang tua yang inginnya berbeda dengan keinginan anaknya, faktor teman yang tidak satu pilihan (kurang bagus juga kalau hal ini, apalagi dengan alasan takut tidak ada teman), kadang siswa-siswi SMA juga bingung karena harus tepat ketika memilih jurusan untuk seleksi di SNMPTN / SBMPTN.

Ada banyak mahasiswa yang akhirnya mengulang kembali seleksi untuk semester baru karena merasa jurusan yang dipilihnya tidak sesuai dengan potensi yang dimiliki. Dan hal ini jangan sampai terjadi kepadamu. Tidak mau kan ketika harus mengulang kembali seleksi ataupun kembali ke semester 1, atau bisa jadi kegiatan belajar diperkuliahan tidak kamu jalani karena menjalani kuliah dengan terpaksa dan menderita.

Adapun tips untuk menentukan pilihan jurusan ketika masuk kuliah adalah sebagai berikut :

1. Analisa sisi positif/negatif jurusan yang kamu incar

Sebelum memasuki jurusan, silahkan cari informasi sebanyak mungkin mengenai jurusan tersebut, bagaimana pembelajaran dan kegiatannya, apakah sesuai dengan bakatmu karena itu akan menambah semangat dan point lebih dalam menjalani masa perkuliahan, dan terpenting keahlian & manfaat apa yang akan didapatkan dari jurusan tersebut.

Namun jangan sampai terlalu memikirkan seperti apa prospek kerjanya. Karena pada masa kini banyak jurusan yang kurang mengantarkan pada keahlian yang telah dipelajari di perkuliahan, itu tidak terlalu menjadi masalah. Yang terpenting adalah jangan sampai ijazah S1 dirimu hanya menjadi penambah pajangan saja tanpa ada hasil yang dibuktikan pada masyarakat. Bukan mengenai profesi setelah sarjana, tetapi pengamalan ilmu setelahnya.

2. Pikirkan Indikator dan tolak ukur yang tepat dalam memilih jurusan.

Pendidikan adalah untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual. Banyak yang beranggapan bahwa memilih jurusan sesuai dengan pelajaran yang disukai, ini dapat menjadi salah satu indikator untuk menentukan jurusan namun bukan sebagai tolak ukur yang paling tepat untuk menentukan jurusan.

Karena bidang pembelajaran di perkuliahan akan jauh lebih luas dari pada 13 mata pembelajaran di sekolah . Dan sering sekali standar penggunaan pembelajaran yang paling disukai akan menambah bingung karena pembelajaran yang disukai dan peringkat nilai bagus ini lebih dari 1. Nah, untuk kalian jangan sampai kebingungan. pilihlah yang membuatmu nyaman dan harus dipelajari.

3. Motivasi dalam memilih jurusan

Sebetulnya dalam memilih jurusan yang tepat ini haruslah ada motivasi yang mendukungmu, membuatmu lebih percaya diri dalam mengambil keputusan sehingga tidak akan ada kata penyesalan. Tapi apa motivasinya, seperti apa motivasinya, dan itu akan kembali pada diri kalian sendiri, karena setiap pilihan yang kalian ambil tidak bisa dilemparkan tanggung jawabnya pada orang lain, sekirapun bisa maka konsekuensinya akan dirasakan oleh diri sendiri.

Maka dari itu, maka kalian harus dapat membuat keputusan pilihlah jurusan untuk diri kalian, cari jurusan yang relevan terhadap bidang yang membuat kapasitas intelektual.

El Rahma Education Centre

Membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan jurusan Komputer & Administrasi Bisnis, Komputer & Akuntansi Bisnis, Komputer & Bahasa Inggris, Komputer Desain Grafis, Informatika & Teknisi Komputer, Bisnis Berbasis Teknologi Informasi.

Info lengkap (0251) 8386237