12 March 2018
Comments 0
12 March 2018, Comments 0

Minggu, 11 Maret 2018

Auditorium Toyib Hadiwijaya, Faperta IPB

Studium Generale, agenda mahasiswa/i El Rahma yang dilaksanakan pada setiap  tahunnya terlaksana dengan lancar. Begitu istimewa, dari setiap tahunnya tim panitia selalu menampilkan hal yang berbeda dan bermakna untuk seluruh peserta.

Pada tahun ini El Rahma melaksanakan Studium Generale dengan tema “FORMING THE TRUE HUMAN PROPERTIES, HOLD THE TEST AND SUPERIOR IN POTENTIAL”

Kegiatan perkuliahan umum ini dilaksanakan bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan, menambah motivasi dan menumbuhkan karakter  jiwa kepemimpinan. Yaitu dengan para pengisi yang luar biasa, menginspirasi mahasiswa/i dengan pengalaman dan ilmunya, mahasiswa/i dapat langsung bertanya dengan yang berkompeten dalam bidangnya.

Adapun acara talkshow yang diselenggarakan :

“Struggling and Sacrificing to Reach the Truth” dengan pembicara Mr. Steven Indra Wibowo, Ph.D. yaitu “CEO Mualaf Center Indonesia”

Dalam talkswhow ini mahasiswa/i mendapatkan sebuah pengalaman yang dapat menambah keimanan dan memperkuat aqidah islamiyah, dimana pembicara menceritakan bagaimana perjuangannya sebagai muallaf yang penuh tantangan, karena tidak mudah menjadi muallaf yang harus bersembunyi ketika melaksanakan sholat, bahkan belajar bacaan sholat dengan sendiri, beliau menceritakan rekan lain yang lebih berjuang dalam melewati tantangan mulai dari penganiyaan, caci maki, sampai pengusiran oleh keluarga.

Dan mahasiswa/i dapat berkesempatan secara langsung melihat salah satu muallaf bersyahadat untuk memutuskan berislam. Suasana menjadi haru ketika detik pengucapan syahadat dan bersalaman dengan lantunan shalawat kepada nabi Muhammad SAW.

membuat suasana haru seluruh ruangan, bahkan sebagian peserta meneteskan air mata, menyambut bertambahnya saudara seiman. Alhamdulillah… Semoga isiqomah kepada mba *Aisyah,

*Nama asli kami samarkan.

Setelah itu penampilan teatrikal oleh para santri An Nahdoh el Rahma yang bertema “Berjuta Makna” dengan menampilkan sebuah cerita dari fakta permasalahan beberapa mahasiswa yang terjebak dan bingung untuk kembali. sebuah pementasan yang membuat tawa, dan juga mengandung banyak makna, yaitu seorang mahasiswa yang menyimpang dalam pemahaman sebuah aturan hukum syara, setelah terlena dalam kenyamanan yang menjauhkannya dalam ketaatan akhirnya dapat kembali hijrah, dengan penyesalan dan pengambilan hikmah dari perjalanannya.

Dilanjutkan kepada talkshow kedua

“Tips to Overcome Simple Accident and Healthy Lifestyle” dengan pembicara Mr. Iwan Ridwanudin., S.Kep yaitu “Ketua Komite Keperawatan Rumah Sakit PMI Bogor”

Dalam talkshow ini mahasiswa/i diperkenalkan pada aplikasi “First Aid” yaitu aplikasi yang dibuat oleh palang merah Indonesia berdasarkan program pertolongan pertama sehari-hari yang disesuaikan dengan panduan pertolongan pertama palang merah Indonesia. bahkan mahasiswa/i diberikan pembelajaran untuk melakukan pertolongan pertama disetiap kecelakaan. Tips dan trik menangani orang yang pingsan / tidak sadarkan diri, mengalami pendarahan dan juga cara menangani orang yang tersedak, selain itu mahasiswa berkesempatan berpraktek langsung dengan pembicara. suatu pengalaman yang menarik bukan dilatih langsung oleh ahlinya.

“Archive Success in the Family and Socialpreneur” dengan pembicara Mrs. Tatiek Kancaniati” yaitu “Owner Kampuoeng Wisata Bisnis Tegalwaru”

Selanjutnya adalah talkshow mengenai Socialpreneur, yaitu sebuah pembelajaran bagaimana kita