8 February 2018
Comments 0
Category Tips & Trick
8 February 2018, Comments 0

Pada awal bulan Februari ini beberapa wilayah Indonesia mengalami curah hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan air meluapย  dan Bendungan tidak kuat lagi untuk menahan air mengakibatkan kebanjiran dibeberapa wilayah terutama kota Jakarta yang menjadi sorotan.

Karena memang kota Jakarta ini disetiap tahunnya menjadi langganan kiriman air, karena selain faktor belum terjaganya lingkungan sungai yang bersih, Jakarta ini berada diwilayah dataran rendah sehingga berpotensi terendam luapan air.

Dan perlu diingat untuk para pengendara khususnya pengendara mobil yang akan terkena dampak rendaman air bercampur lumpur. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada mobil. Oleh sebab itu perlu penanganan untuk mengamankan mobil dari genangan banjir

  1. Jangan menyalakan mesin jika air sudah mencapai kap mesin. bagian ini akan mengalami karat bila terlalu lama terendam dan tidak berfungsi kembali.
  2. Cek Electrolic Control Unit (ECU) pastikan tidak terendam.
  3. Periksa dinamo ampere, gunakan semprotan angin untuk menghilangkan sisa air
  4. melepaskan kabel aki bila terendam
  5. menonaktifkan rem tangan. karena kotoran akan masuk ke dalam, dan menjadi tidak berfungsi atau rusak, untuk antisipasinya disemprotkan udara bertekanan tinggi kompresor.
  6. ย cek oli dan bahan bakar ditempat yang surut
  7. lakukan pemeriksaan ke bengkel untuk lebih memastikan keamanan kendaraan anda. ๐Ÿ™‚