Training Manajemen Kepemimpinan & Dakwah Lembaga Dakwah Kampus

7 August 2012, Comments 1

Bogor, 04-05 Agustus 2012

LDK (Lembaga Dakwah Kampus) El Rahma Education Centre  kembali menggelar event heboh dan antusias yakni Training Kepemimpinan dan Dakwah (Da’wa and Leadership Training)  di Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi yang diikuti 60 anggota LDK ikhwan.

Acara training kali ini bertujuan untuk “membangun kekompakan tim, membentuk sifat kepemimpinan dan semangat kebersamaan serta memotivasi anggota – pengurus LDK agar tetap semangat berdakwah, mumpung Bulan Ramadhan, bulan berkah dan bulan penuh ganjaran pahala”, ujar Bapak Apan Hendrawan  selaku Ketua Panitia Training. “kita melaksanakan Daurah bertepatan dengan malam ke-17 Ramadhan, tanggal diturunkan Al Qur’an, kami berharap agar Al Qur’an kembali menjadi Pedoman Hidup kaum muslimin, ditaati perintah dan larangannya, setidaknya hal ini dimulai dari kami yang berdakwah di kampus”,imbuhnya.

Rombongan LDK berangkat tanggal 04 Agustus 2012 pukul 11.00 Wib dan tiba di pelabuhan ratu pukul 16.00 Wib. Perjalanan menuju pelabuhan ratu sangat menegangkan dan menantang. Dengan menggunakan 30-an motor, touring anggota LDK menempuh jarak ± 85 km dengan medan yang sedikit kurang bersahabat, tikungan tajam dan curam.

Meski perjalanan begitu panjang, setelah sampai di villa dan beristirahat sejenak, para peserta training masih nampak semangat dengan bermain bola di pantai sambil ngabuburit. Sungguh terasa nikmatnya saat adzan magrib berkumandang semua anggota LDK berbuka puasa di pantai pelabuhan ratu.

Acara malam hari tarawih bersama, shalat qiyamul lail, dan kultum subuh. Materi pertama diberikan langsung oleh Pembina LDK, Ust Wendy Asswan Cahyadi, STP, M.Pdi. dalam materinya Ust Wendy menyampaikan tentang pengorbanan, semangat dan kepemimpinan dakwah Rasul SAW, para sahabatnya sehingga Islam tersebar ke penjuru dunia dan bahkan semangat dakwah pejuang islam saat ini di berbagai belahan dunia yang memotivasi peserta untuk menjadikan dakwah dan amal kebaikan menjadi poros kehidupan.

Ada sebuah acara menarik saat malam dan keesokan hari (4-5 Agustus 2012) yakni program menghatamkan al qur’an hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Peserta LDK dibagi beberapa kelompok, tiap kelompok menghatamkan beberapa juz secara bersamaan, akhirnya al qur’an dapat dikhatamkan dalam 20 menit dihari kedua. Kegiatan menarik lainnya di sore hari adalah permainan pantai; seperti bola pantai, menara manusia, team building dan leadership games.

Selain mendapatkan materi keislaman, permainan pantai, peserta LDK juga membuat program dan aksi kerja bulan Ramadhan diantaranya membagi ta’jil menjelang berbuka di perempatan lampu merah di depan plaza jambu dua dan program bantuan fakir miskin yang dimulai hari senin hingga ahad (06 – 12 Agustus 2012).

Acara penutupan (05 Agustus 2012), dipimpin langsung Direktur El Rahma Education Centre, dalam penutupannya, Beliau menyampaikan “Agar peserta training selalu istiqomah dalam dakwah, tetap menjaga kekompakan sesama anggota LDK, bersama-sama meningkatkan semangat dakwah di bulan ramadhan yang penuh ampunan dan berkah serta berharap LDK akan tetap Berjaya dimasa yang akan datang”.amin.